Cara Mengatasi dan Mencegah Stroke Ringan

Cara Mengatasi dan Mencegah Stroke Ringan

Transient Ischemic Attack (TIA) merupakan situasi yang disebabkan oleh terdapatnya masalah aliran oksigen dan nutrisi ke otak, karena terdapatnya penyumbatan endapan lemak di di dalam pembuluh darah. Lalu, bagaimana langkah menghindar dan mengatasi stroke ringan?


Jenis stroke ini umumnya berlangsung di dalam pas singkat saja, sehingga tidak menimbulkan pengaruh yang permanen pada tubuh. Meski demikian, penyakit ini selamanya kudu diwaspadai karena sanggup menjadi isyarat awal dari penyakit stroke yang lebih berat.


Dilansir dari web Mayo Clinic, satu dari tiga orang yang mengalami stroke enteng dapat mengalami stroke yang lebih berat, dengan bisa saja 50% dapat berlangsung pada jangka pas satu tahun.


Gejala Stroke Ringan yang Harus Diwaspadai Kenali Cara Mengobati Stroke Ringan Melalui Terapi

Stroke enteng ditandai dengan timbulnya tanda-tanda stroke yang berlangsung secara tiba-tiba dan cuma keluar di dalam beberapa pas saja. Gejala yang ditunjukkan sanggup beragam tergantung dari bagian otak mana yang terganggu.


Berikut beberapa tanda-tanda stroke enteng yang umumnya terjadi:


Salah satu sisi tubuh mengalami mati rasa, kesemutan, dan lumpuh, terlebih pada wajah, lengan, dan kaki.

Kehilangan keseimbangan secara tiba-tiba.

Sakit kepala berat yang berlangsung secara mendadak dan tidak diketahui penyebabnya.

Kesulitan di dalam berbicara karena tubuh lumpuh setengah, sehingga artikulasi menjadi tidak jelas.

Mengalami kebingungan karena tidak sanggup mengerti perkataan lawan bicara.

Mengalami masalah penglihatan yang ditandai dengan pandangan yang kabur sampai kebutaan keliru satu atau ke-2 sisi.

Kesulitan di dalam menelan makanan dan timbulnya rasa mual sampai muntah.

Cara Mengatasi Stroke Ringan Langkah-Langkah Sederhana Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke

Apa yang kudu dikerjakan terkecuali stroke enteng terjadi?


Meskipun cuma berlangsung sementara, tetapi gejala-gejala di atas kudu ditangani dengan segera dan tepat. Berikut langkah mengatasi stroke enteng yang sanggup dilakukan:


1. Pastikan Kondisi dan Kesadaran Penderita

Hal pertama yang kudu dikerjakan adalah memeriksa situasi penderita, karena penderita sanggup kehilangan keseimbangan dan jatuh. Penanganan dapat lebih susah terkecuali penderita kehilangan kesadaran Tempat Pengobatan Stroke Tangerang .


Jika penderita kehilangan kesadaran, periksa detak jantung dan pernapasannya. Apabila detak jantung dan pernapasannya tidak terasa, maka segera panggil pemberian medis darurat atau ambulans untuk menanganinya lebih lanjut.


Sambil tunggu pemberian datang, sebaiknya Anda jalankan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) dengan segera. Prosedur CPR kudu dikerjakan dengan segera dan tepat, karena henti jantung lebih dari 5-10 menit sanggup membahayakan nyawa penderita.


Untuk penjelasan lebih rinci, Anda sanggup datang ke artikel kita tentang beberapa langkah jalankan CPR atau RJP Tempat Terapi Stroke Depok


2. Periksa dan Atur Pernapasan

Langkah seterusnya yang sanggup dikerjakan adalah memeriksa pernapasannya. Jika penderita mengerti dan keluar kesusahan bernapas, maka memberikan ruang untuk bernapas dan longgarkan pakaiannya. Pakaian yang ketat sanggup mempersulit pernapasan.


Setelah itu, ajak penderita untuk menyita napas secara perlahan dan dalam-dalam, dan membuangnya secara perlahan juga. perihal selanjutnya sanggup menopang penderita untuk bernapas normal lagi.


3. Atur Posisi Tubuh Penderita

Kemudian, atur posisi tubuh penderita sehingga lebih nyaman. Atur posisi tubuh penderita menjadi berbaring dengan posisi kepala yang sedikit diangkat.


Posisi kepala yang sedikit di atas sanggup membawa dampak penderita lebih nyaman, dan juga lebih memudahkan terkecuali penderita mual dan muntah. Dengan posisi layaknya ini, penderita tidak berisiko tersedak pas muntah.


4. Lakukan Metode F. A. S. T. untuk Memastikan Stroke

Jika penderita masih sadar, Anda sanggup jalankan metode F. A. S. T. untuk memastikan apakah benar penderita mengalami stroke. Hal ini karena tanda-tanda stroke sanggup tidak tertentu dan susah dibedakan dengan tanda-tanda penyakit lain. Terlebih ulang pada stroke enteng gejalanya tidak keluar jelas.


Meski demikian, sebaiknya Anda jalankan metode ini setelah memanggil pemberian medis sehingga penanganan sanggup dikerjakan sedini mungkin.


Berikut metode F.A.S.T. yang sanggup Anda lakukan:


F = Face. Periksa situasi wajah. Pada stroke ringan, muka dapat jadi kesemutan, kesusahan digerakkan, sampai keliru satu sisi muka menurun.

A = Arms. Minta penderita untuk mencoba mengangkat ke-2 tangannya secara bersamaan. Jika berlangsung stroke, maka keliru satu tangan dapat terangkat lebih rendah dari satunya.

S = Speech. Cobalah untuk mengajak penderita berbicara. Jika penderita benar mengalami stroke, maka penderita dapat kesusahan mengerti maksud lawan berbicara dan susah berbicara dengan jelas.

T = Time. Jika setelah hal-hal di atas dikerjakan dan tunjukkan bahwa penderita mengalami stroke ringan, maka jangan tunggu ulang dan segera panggil pemberian medis.

5. Panggil Ambulans atau Bawa ke Rumah Sakit Terdekat

Ini adalah langkah yang paling penting untuk mengatasi stroke ringan. Pertolongan medis yang cepat sangatlah penting di dalam mengatasi penyakit ini. Oleh karenanya, segera panggil ambulans atau bawa penderita ke rumah sakit terdekat.


Meski demikian, penggunaan ambulans lebih dianjurkan karena penanganan medis sanggup dikerjakan selama di dalam perjalanan juga. Selain itu, ambulans udah dilengkapi dengan beraneka peralatan, obat-obatan, dan tenaga medis yang siap untuk mengatasi situasi kritis darurat medis.


Jika ambulans udah datang, jelaskan situasi pasien secara lengkap kepada petugas medis. Informasi yang sanggup dijelaskan umumnya berwujud tanda-tanda yang dialami, riwayat penyakit, sampai obat-obatan yang tengah dikonsumsi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android

Revitalisasi Proses Bisnis: Peran Perusahaan Aplikasi ERP dalam Era Digital

Peluncuran Samsung Galaxy M55 5G